Trend Bisnis Makanan 2020



  • 06 Jan 2020 02:30:10
  • Views 70

              Pada tahun 2019, banyak sekali jenis bisnis yang sangat tren dan digandrungi oleh masyarakat. Bisnis tersebut merupakan bisnis makanan dan minuman kekinian, dan bisnis dibidang jasa seperti salon kecantikan, event organizer dan lain-lain. Untuk itu, Metapos akan membahas bisnis makanan yang akan menjadi tren di tahun 2020 agar Sahabat Metapos memiliki peluang untuk membuka usaha dibidang makanan. Apa saja bisnis tersebut? Simak bisnis dibawah ini ya! 

 

1.    Jajanan Indonesia

            Jika membahas jajanan khas Indonesia, sangat banyak jenis jajanan yang kita dapat nikmati dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap daerah memiliki makanan khas sendiri, seperti Laksa dari Tangerang, Pempek dari Palembang, dan lain sebagainya. Jajanan khas Indonesia mudah Anda jual untuk bazzar, ataupun dijual di pinggir jalan. Bisnis makanan Indonesia cukup menguntungkan mengingat sebagian besar masyarakat memiliki selera yang cocok dengan makanan Indonesia.

 

2.    Healthy Catering

            Saat ini, masyarakat Indonesia cukup peduli dengan kesehatan tubuh melalui makanan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, healthy catering merupakan ide yang cukup baik untuk bisnis Anda. Biasanya healthy catering dijual dengan metode perbatch dengan pengantaran makan siang dan malam. Healthy catering dapat disesuaikan dengan keinginan masyarakat seperti kalori yang terdapat pada menu tersebut dapat menurunkan berat badan, atau menaikkan berat badan.

 

3.    Healthy Bowl

            Seperti healthy catering, healthy bowl juga cukup digemari oleh masyarakat sebagai menu yang sehat dan mengenyangkan. Healthy bowl dapat berisi sereal, yogurt, buah-buahan dan kacang-kacangan. Healthy bowl dapat dirancang sebagai menu diet sehat ataupun sebagai sarapan yang sehat karena bergizi dan seimbang.

 

4.    Grill / Barbeque

            Tipe makanan barbeque sedang digemari oleh masyarakat kekinian yang ingin makan daging sesuai porsi yang diinginkan. Banyak restoran yang menjual daging perporsi, ada juga restoran “all you can eat” yang menyajikan daging sepuasnya. Daging yang dijual berupa ayam, sapi, ikan, dan lainnya. Disajikan mentah dan konsumen dapat memanggang-nya sendiri.

 

5.    Shabu / Suki / Hotpot

            Sama seperti grill, shabu juga disajikan berupa daging-dagingan atau bakso dan sayur yang dapat dimasak sendiri. Perbedaannya terdapat pada cara memasak dagingnya. Jika grill dipanggang maka shabu direbus dengan berbagai kuah pilihan. Penyajiannya juga seperti grill, dapat berupa perporsi atau all you can eat.

 

6.   Dimsum

            Dimsum merupakan makanan khas Tionghoa yang memiliki banyak jenis yaitu Bakpao, Siomay, Hakau, dan lain-lain. Dimsum menjadi jajanan favorit masyarakat untuk dikonsumsi sebagai cemilan maupun pendamping makanan berat. Dimsum dapat dijual di restoran, di sekitar rumah maupun delivery.

 

7.    Rice Box

                  Bagi masyarakat yang melakukan aktifitas pada jam sibuk, akan sulit memiliki waktu yang lama untuk makan. Maka dari itu, rice box dapat menjadi pilihan makan siang yang baik karena bergizi dan cepat karena dapat dibawa kemana-mana. Menu rice box dapat disesuaikan dengan selera masyarakat seperti lauk ayam dengan saus tertentu dan sayuran.

 

8.    Mentai Rice

            Mentai biasanya digunakan sebagai topping untuk Sushi dan disajikan di restoran. Mentai Rice yang sedang hitz belakangan ini, disajikan untuk di take away dan dikemas menggunakan alumunium foil sehingga mudah untuk dibawa, dengan tampilan mentai di atas nasi sebagai lauk.

 

9.    Makanan Korea

            Jajanan Korea seperti Odeng, Toppokki, Kimbap, dan lain-lain, akan selalu diminati oleh masyarakat karena rasa yang disajikan unik dan memiliki tampilan yang menarik. Makanan Korea juga dapat disajikan dengan cepat sehingga bisa menjadi pilihan makanan untuk pegawai kantoran.

 

10.  Sandwich / Tortila Wrap

            Anda dapat menjual sandwich dengan isi yang unik dan menarik agar masyarakat tertarik untuk mencoba-nya. Dengan gaya hidup sehat, sandwich atau tortila wrap dapat diisi dengan sayuran dan daging yang sudah diatur porsinya agar mencukupi kebutuhan sarapan masyarakat.

 

            Demikian sepuluh bisnis makanan yang dapat Anda coba pada tahun 2020 yang kemungkinan akan menjadi hitz dan digemari oleh masyarakat. Semoga sukses Sahabat Metapos!

 

Berita Kami Lainnya

  • Business Insight
  • 16 Jan 2020 02:16:13

Trend Bisnis Minuman 2020

1.    Tea Mocktail


            Tea Mocktail adalah minuman teh dengan berbagai sajian menarik seperti ditambah soda, buah-buahan, aroma bunga dan tambahan bahan lainnya untuk menambahkan rasa yang unik dan digemari oleh masyarakat. Anda dapat menjual Tea Mocktail dengan modal yang kecil, dan disesuaikan dengan kreatifitas Anda melalui bahan yang mudah ditemukan dan mengikuti selera masyarakat agar masyarakat tertarik untuk mecobanya.

 

2.    Boba

            Siapa yang tidak tahu boba? Boba merupakan topping untuk minuman yang terbuat dari tepung kanji dan diberi rasa tertentu atau yang terkenal pada tahun 2019 adalah boba yang dimasak dengan brown sugar. Boba sendiri akan tetap menjadi tren untuk minuman pada tahun 2020 dengan tambahan keunikan di dalamnya. Anda dapat mengkreasikan boba dengan minuman unik lainnya seperti air kelapa, jus, dsb. Tinggal sesuaikan rasa boba Anda dengan rasa minuman Anda, agar menjadi paduan yang unik dan menarik, namun dapat diterima oleh masyarakat.

 

3.    Kopi

            Setiap tahunnya kopi selalu menjadi kegemaran masyarakat dari berbagai kalangan. Kopi dapat dinikmati kapan-pun dan dimana-pun dengan konsep kopi kekinian yang dapat dibungkus di cup. Kopi akan tetap menjadi tren minuman pada tahun 2020 karena kopi tidak hanya dapat disajikan secara basic, tetapi dapat disajikan dengan tambahan rasa unik seperti Bailey, Vanila, dan lain-lain. Kopi yang hits pada jaman sekarang juga tidak perlu mengandalkan mesin yang mahal, melainkan dapat menggunakan alat-alat manual seperti V60, French Press, atau yang lebih dikenal dengan istilah “manual brew”. Alat-alat untuk manual brew sendiri lebih murah dan menghasilkan rasa kopi yang khas. Banyak kedai-kedai kopi yang mengandalkan metode manual brew dan sangat ramai didatangi pengunjung karena keunikannya.

 

4.    Healthy Drink

            Dengan mindset masyarakat mengenai makanan dan minuman sehat, yang akhir – akhir ini sedang hits, maka Anda dapat membuka bisnis minuman sehat seperti minuman sarang burung Wallet, jus buah murni, dan lain-lain. Tujuan dari healthy drink yang dijual dapat menurunkan berat badan, mendetox kesehatan organ tubuh, menjaga kesehatan kulit, dsb, tergantung minuman apa yang Anda jual. Anda dapat melakukan survey secara berkala mengenai bahan dan manfaat dari bahan tersebut agar produk Anda menghasilkan khasiat yang maksimal.

 

5.    Jamu

            Minuman berbahan dasar jamu untuk kesehatan akan mulai tren pada tahun 2020 melihat peminat jamu mulai meningkat lagi di tahun 2019. Jamu tersebut di kombinasikan lagi dengan minuman lain seperti teh atau kopi. Anda dapat mengkreasikan minuman herbal tersebut dengan berbagai minuman lain yang unik tetapi tidak merusak fungsi dan rasa jamu tersebut. Masyarakat akan tertarik untuk mencobanya karena selain sehat, keunikan dari minuman tersebut akan membuat masyarakat penasaran dan ingin mencoba.

 

            Lima minuman diatas, diprediksi akan menjadi tren bisnis yang menarik dan menguntungkan di tahun 2020. Semoga Sahabat Metapos dapat terinspirasi untuk membuka bisnis minuman tersebut ya!

-->

        Pada tahun 2019, banyak bisnis minuman yang menjadi tren dan sangat disukai oleh masyarakat,...

  • Business Insight
  • 02 Jan 2020 02:55:50

Kilas Balik Bisnis yang Hits di 2019

    Tidak terasa tahun 2019 sudah berakhir, apakah Sahabat Metapos sudah menyiapkan goal dan strategi untuk tahun 2020? Ada banyak pengalaman...

  • Updates
  • 18 Dec 2019 03:56:10

Metapos Event - Solusi untuk penyelenggara Event

Perkembangan Point of Sales (POS) sebagai aplikasi kasir online tidak hanya memberikan kemudahan dalan sektor bisnis retail saja, namun juga...

TESTIMONI

Kata Mereka Tentang Metapos

Logo

Kenny Djafar

Owner Somay Tante Teni

Metapos dapat memantau semua penjualan di toko saya, memiliki sistem yang rapih dan lengkap serta mudah dipelajari karna simple dan ga ribet. Tiga kata untuk Metapos: helpful, smart dan affordable

Berita & Pembaruan Terbaru

Kumpulan Update Terbaru dari Metapos

Trend Bisnis Minu...


16 Jan 2020

Kilas Balik Bisni...


02 Jan 2020

Metapos Event - S...


18 Dec 2019

Tulis Pesanmu