Jakarta,Metapos.id – Perkembangan teknologi dan digitalisasi masyarakat Indonesia menjadi katalis dalam
pergerakan inovasi dan fitur ekosistem ekonomi digital, termasuk platform eCommerce seperti Lazada. Sebagai salah satu platform eCommerce di Indonesia, Lazada turut berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat yang bergeser ke platform online. Dengan total 212,9 juta
pengguna internet di Indonesia pada Januari 2023 (We Are Social), Lazada hadir bagi penjual dan brand yang ingin bertransformasi digital dan menumbuhkan bisnisnya di platform eCommerce, salah satunya dengan ajang tahunan Lazada Seller Conference.
Lazada Seller Conference pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2019 dan merupakan acara terbesar bagi penjual yang ingin mendapat wawasan mengenai tren pasar. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan literasi mengenai program dan fitur yang ditawarkan Lazada
untuk mendukung pertumbuhan bisnis, khususnya pada saat festival belanja akhir tahun 11.11 dan 12.12. Bertajuk Lazada eCommerce Summit 2019, Lazada mengundang 1.200 penjual dengan menghadirkan berbagai sesi panel dan pelatihan bersama pakar industri dan
para pelatih bersertifikasi yang tergabung dalam LazStar Academy Indonesia.
Pada tahun 2020, Lazada melanjutkan kesuksesan dengan menggelar Annual Seller Conference 2020: Level Up yang dilakukan secara online dan berhasil menggaet 12.500 penjual. Lazada kemudian memperkenalkan festival belanja Garbolnas atau Tiga Hari
Belanja Online Nasional pada 12-14 Desember 2020.
Terus berupaya mendukung penjual yang tengah menavigasi kondisi pasar di masa pandemi,Lazada menginisiasi Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia yang fokus di antaranya pada meningkatkan kompetensi UMKM Indonesia melalui kerja sama
dengan Pemerintah Indonesia. Lazada juga mendukung pertumbuhan UMKM lokal dengan menghentikan impor produk di tiga kategori: tekstil dan fesyen, makanan dan minuman,serta kerajinan tangan. Lazada Seller Conference 2021: Level Up, Cermat Melesat dihadiri
oleh 23.000 peserta secara online.
Hasilnya, pada tahun 2021, jumlah penjual yang bergabung di Lazada tumbuh tiga kali lipat dibandingkan dengan Maret 2020.
Pada Lazada Seller Conference: Level Up 2022, fokus utama adalah pergeseran lanskap ekosistem ekonomi digital di Indonesia selama pandemi. Lazada mendukung #PahlawanEkonomiDigital dengan para LazStar Trainer seperti Dedy Liem, Stephen Lawrence dan Farica Edgina
Yosafat.
Lazada Seller Conference 2022 dilaksanakan secara hybrid, ada hampir 1,000 penjual yang hadir secara offline dan di Seller Center ditonton oleh lebih dari 15,000 penjual.
Kini, Lazada Indonesia Seller Conference 2023 hadir dengan tema Ada Dukungan
Suksesmu di Lazada yang merupakan penegasan komitmen dalam membantu penjual dan brand bersaing di ekosistem ekonomi digital melalui inovasi program dan layanan platform,dengan fokus pada perkuatan ekosistem ekonomi digital yang berkelanjutan, serta mengajak penjual dan brand untuk bersama-sama tumbuh dan berkembang di Lazada.