Jakarta, Metapos.id – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menjadi satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang masuk jajaran perusahaan terpercaya 2024 versi Newsweek, organisasi media global asal Amerika Serikat.
Garuda Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-12 dari 47 Perusahaan global yang masuk ke dalam kategori Transport, Logistics, & Packaging di 1000 Perusahaan Terbuka (Listed Company) bertajuk ‘The World’s Most Trustworthy Companies for 2024’ yang dirilis oleh Newsweek.
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pemeringkatan tersebut merupakan sebuah apresiasi tersendiri bagi perusahaan atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat dalam mendukung perbaikan kinerja Perusahaan terutama di fase pascarestrukturisasi dan pascapandemi lalu.
“Penghargaan ini tentunya menjadi dorongan bagi Garuda Indonesia sebagai national flag carrier dalam upaya berkelanjutan perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan operasional yang menghadirkan rasa aman dan nyaman,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat, 27 September.
Irfan bilang pemeringkatan yang diberikan kepada 1.000 perusahaan dari 20 negara terpilih yang terbagi ke dalam 23 kategori pemeringkatan tersebut, ditentukan berdasarkan tiga aspek penilaian yaitu Investor Trust, Customer Trust dengan masing-masing bobot sebesar 40 persen dan Employee Trust sebesar 20 persen melalui survey kepada lebih dari 70.000 partisipan.
Lebih lanjut, Irfan mengatakan, aspek penilaian juga turut dilihat dari hasil survei Social Listening oleh Statista melalui analisis sentimen pemberitaan di portal berita maupun di platform media sosial masing-masing perusahaan dengan hasil akhir nilai keseluruhan dalam pemeringkatan tersebut dihitung berdasarkan akumulasi dari 80 persen nilai survey dan 20 persen nilai Social Listening.
“Capaian berskala internasional ini tentunya turut selaras dengan perjalanan 5 Tahun Transformasi BUMN untuk menjadikan BUMN sebagai perusahaan-perusahaan unggulan dan berdaya saing baik di nasional maupun internasional,” jelasnya.
“Sehingga berangkat dari semangat tersebut menjadi tanggung jawab kami untuk senantiasa menjaga komitmen dalam mengoptimalkan rangkaian inisiatif berkelanjutan dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan masyarakat khususnya pengguna jasa,” tutup Irfan.