Metapos.id, Jakarta – Hari ini, TikTok mengumumkan “Beauty Star on TikTok”, sebuah kompetisi nasional yang berkolaborasi dengan L’Oréal Indonesia dan Indonesian Beauty Vlogger untuk menemukan talenta baru dari para kreator kecantikan TikTok di Indonesia. Mengangkat tema “Celebrating Your Unique Beauty”, kompetisi ini mengajak komunitas kecantikan Indonesia untuk merayakan keunikan mereka dan mengekspresikan diri mereka secara autentik melalui kreativitas.
Dengan populasi lebih dari 270 juta penduduk, daya beli konsumen serta kesadaran akan kesehatan dan perawatan kecantikan, Indonesia menjadi pasar yang menjanjikan bagi perusahaan kosmetik. Pertumbuhan industri yang didorong oleh digitalisasi dan perubahan pola belanja konsumen akibat pandemi, juga tidak luput dari peran kreator di platform digital yang terus mendorong masa depan tren kecantikan Indonesia lewat ragam konten informatif yang menghibur. Sebagai platform hiburan terdepan, TikTok pun telah menjadi platform andalan bagi kreator dan penikmat konten kecantikan.
Para peserta dan pemenang dari Beauty Star on TikTok juga merupakan masa depan dari kreator kecantikan yang akan membantu menampilkan ragam kecantikan yang ada di Indonesia. Haswar Hafid, Head of Brand Partnerships, TikTok Indonesia menyatakan, “Dalam beberapa tahun terakhir, kreator konten telah memainkan peran penting dalam menetapkan norma baru untuk kecantikan, termasuk kreator kecantikan kami di TikTok. Sebagai platform hiburan, kami senang melihat TikTok menjadi tujuan utama bagi komunitas kecantikan Indonesia untuk belajar hal baru dan terhibur melalui konten kreatif yang disajikan secara autentik dan menarik dari para kreator kami. Dari tutorial makeup, review produk, hingga tren kecantikan baru, komunitas kecantikan lokal terus menginspirasi satu sama lain di TikTok. Oleh karena itu, kami sangat bersemangat untuk menemukan generasi kreator konten kecantikan berikutnya melalui kompetisi ini.”
Konten kecantikan dan fesyen telah mengalami pertumbuhan yang signifikan selama beberapa tahun ke belakang. Hal ini terlihat dari performa tagar #GayadiTikTok yang telah menerima lebih dari 8,6 miliar tayangan. Selain itu, terdapat beberapa tagar populer seputar kecantikan antara lain #Beauty101 yang membahas tutorial makeup dengan 1,7 miliar tayangan; #makeup yang telah disaksikan 292,1 miliar kali; serta tagar #skincare yang telah dilihat sebanyak 110,6 miliar kali.
Beauty Star on TikTok pun hadir pada saat yang tepat. Lebih dari sekadar kompetisi, melalui Beauty Star on TikTok, TikTok ingin merayakan semangat dari komunitas kecantikan di Indonesia dan mengajak mereka untuk mengekspresikan diri secara autentik dan penuh percaya diri, melalui kemampuan mereka yang luar biasa.
Hadir dalam format reality show, Beauty Star on TikTok diawali dengan audisi terbuka menggunakan tagar #BeautyStaronTikTok untuk menyaring 100 kreator terbaik guna memasuki babak semifinal, 100 semifinalis terpilih kemudian mengikuti berbagai tantangan intensif yang dihadirkan oleh TikTok dan L’Oréal. Setelah mengikuti tantangan tersebut, 15 kreator finalis akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sesi workshop dan program mentoring eksklusif dari para ahli kecantikan Indonesia. Program bimbingan dari para juri ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan finalis dengan wawasan terkini dari industri kecantikan, personal branding, hingga tips membuat konten yang menarik. Proses inkubasi dan workshop didokumentasikan dan dipublikasikan dalam bentuk web series di akun Beauty Star on TikTok.
Para finalis Beauty Star on TikTok akan bertanding untuk memenangkan hadiah utama dengan total hingga ratusan juta rupiah, mulai dari uang tunai, perjalanan ke Paris, peralatan dan gadget terkini untuk keperluan konten, serta produk kecantikan dari L’Oréal Indonesia.
Turut mendukung inisiatif ini sejak tahap pembuatan ide, L’Oréal Indonesia mengatakan bahwa pertumbuhan komunitas kecantikan di TikTok merupakan indikasi positif untuk masa depan kreator kecantikan. ”Kami bangga bisa bekerja sama dengan TikTok dan menjadi bagian dari inisiatif ini. L’Oréal percaya akan kekuatan kreativitas dan kami telah melihat peranan penting dari komunitas TikTok sebagai pionir dalam melahirkan tren kecantikan. Lebih dari itu, di L’Oréal kami berkomitmen untuk merayakan perbedaan dan inklusivitas dengan menerima ragam kultur, latar belakang, dan gaya hidup yang ada. Bersama lima belas brand unggulan; Garnier, L’Oréal Paris, Maybelline, dan brand lainnya, kami merayakan kreativitas dan inklusivitas dari kreator kecantikan sekaligus memupuk ekspresi diri mereka sehingga kita bisa bersama-sama memajukan industri kecantikan Indonesia,” kata Fabian Prasetya Wijaya, Chief Digital & Media L’Oréal Indonesia.
Beauty Star on TikTok juga berkolaborasi dengan figur publik dan para ahli di industri kecantikan Indonesia sebagai juri dan pembawa acara, di antaranya Jharna Bhagwani (Pemenang TikTok Awards Indonesia 2021 untuk kategori “Best of Fashion & Beauty”) Bubah Alfian (Makeup Artist International Celeb Makeup Artist from Indonesia), Patricia Gouw (Selebriti dan Pemenang Asia Next Top Model), Cindercella (Kreator Konten Kecantikan), Ashilla Sikado (TikTok’s Top Beauty Creator), dan Minyo33 (Kreator Konten Kecantikan, IBV Founder dan CEO PT. DKCI).
Vanya Qinthara, Founder dari Indonesian Beauty Vlogger dan Juri Beauty Star on TikTok berbagi semangat dan makna dari kompetisi ini bagi dirinya sebagai seorang kreator. Memulai perjalanannya sebagai kreator konten sejak satu dekade yang lalu, Vanya, yang dikenal sebagai Minyo, telah melihat bagaimana industri dan komunitas kecantikan telah bertumbuh dari tahun ke tahun.
Kolaborasi dengan TikTok melalui kompetisi ini juga memperkuat eksistensi IBV dalam mendukung kreator konten untuk menghasilkan karya berkualitas dan membangun reputasi sebagai trendsetter di industri. “Saya sangat bangga menyaksikan pertumbuhan komunitas kecantikan Indonesia yang sangat pesat bila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Sebagai bagian dari juri, saya menyaksikan betapa beragam dan kreatifnya para kreator konten saat ini di TikTok. Saya harap pengalaman ini akan semakin menginspirasi lebih banyak orang untuk mulai membuat konten karena selalu ada ruang bagi semua orang di dunia kecantikan,” ungkap Vanya Qinthara yang dikenal sebagai Minyo.
Sebagai platform hiburan terdepan, TikTok juga telah menjadi lebih dari sekadar rumah untuk kreativitas. TikTok telah membuka akses bagi brand dan kreator untuk berkolaborasi langsung dan terlibat secara kreatif. Sinergi yang kuat antara brand dan kreator ini dapat memperkaya konten pemasaran bagi brand serta membuka kesempatan kolaborasi yang lebih luas bagi kreator. TikTok juga menjadi tempat di mana kreator, brand, dan komunitas dapat bertemu dan berinteraksi secara autentik dengan cara mereka sendiri.
“Di TikTok, kami bersemangat untuk mendukung pertumbuhan para kreator masa depan, terutama di industri kecantikan. Oleh karena itu, kami berharap kompetisi ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk berani berekspresi di platform kami, karena kami percaya kita semua adalah bagian dari masa depan kreator kecantikan Indonesia, ” tutup Haswar Hafid, Head of Brand Partnerships, TikTok Indonesia.