Metapos.id, Jakarta, – Sarinah Trading House yang berlokasi di lantai 5 (lima) Sarinah, Thamrin, kini hadir menyediakan layanan bisnis untuk menjangkau pasar ekspor, secara spesifik untuk mempertemukan para pelaku bisnis lokal dengan pembeli internasional. Promosi dan pemasaran dari produk unggulan UMKM di lokasi ini diadakan secara tematik per tiga bulan dengan tema pertama, yakni produk Halal.
Melalui inisiasi ini, diharapkan Indonesia mampu menjadi simpul produk Halal bagi pasar global.
Sarinah bekerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk dan Sekretariat Kantor Wakil Presiden Republik Indonesia menghadirkan narasumber kelas dunia di bidangnya masing-masing dalam talk show berjudul Halal Product and its Attractiveness in the Global Market.
Menurut Fetty Kwartati, selaku Direktur Utama PT Sarinah, tren peningkatan konsumsi produk Halal di lingkup global cukup konsisten dan diyakini akan terus meningkat.
“Fenomena ini merupakan momentum tepat bagi Indonesia untuk menggenjot pasar dunia. Sarinah harus terus mengkurasi kualitas dan kapasitas dari para produsen dan penjual produk jenama lokal. Dengan demikian, Indonesia diproyeksikan dapat diperhitungkan dalam kategori produk Halal, secara spesifik mode, busana, dan kuliner. Hal ini seharusnya sudah menjadi keunggulan hakiki dari negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia.” Demikian Fetty Kwartati menegaskan komitmen Sarinah.
Sekretaris Jenderal Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Iggi Haruman Achsien, mengajak para pengusaha produk syariah untuk tampil dan bersaing di pasar global karena sesungguhnya Indonesia harus unggul sebagai negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Sarinah yang sudah mengkurasi berbagai produk menjadi produk unggulan merupakan wadah yang tepat untuk merajut dan menumbuhkembangkan produk-produk Halal Indonesia, termasuk tata busana dan tata boga, untuk masuk dan diperhitungkan di pasar global.
Selain itu, Direktur Treasury and International Banking PT Bank Mandiri (Persero), Tbk, Panji Irawan, mengatakan keterlibatan pihaknya dalam acara itu diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada mitra usaha dan pembeli produk Sarinah Trading House, terutama dalam melakukan transaksi keuangan serta memperoleh akses informasi terkait pembiayaan ekspor-impor secara mudah dan aman. “Ini juga sejalan dengan keinginan kami yang ingin menjadi urban locomotive dengan presence yang signifikan di berbagai aktivitas ekonomi dan sosial agar dapat ikut mendorong laju pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Panji Irawan.
Dihadiri oleh kurang lebih 150 tamu undangan yang hadir secara fisik maupun online dan berasal dari berbagai kalangan; pemerintahan, mitra strategis, dan pemilik UMKM lokal, Distrik Seni Sarinah di lantai 6 (enam) dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan acara ini. Berlangsung saat ngabuburit menjelang waktu buka puasa, Sarinah menyuguhkan menu berbuka khas Nusantara dari berbagai pengusaha kuliner binaan Sarinah.
Kini, para pelaku bisnis lokal maupun internasional sudah dapat menghubungi Sarinah Trading House pada jam dan hari kerja untuk dapat difasilitasi menuju pasar ekspor, termasuk rujukan ke berbagai pihak yang merupakan mitra strategis kolaborasi Sarinah untuk fasilitas pembiayaan, akses pasar, pelatihan, perlindungan merek dan rahasia dagang, investasi, manajemen, dan branding.