Metapos.id, SAN FRANCISCO—Stripe, Alphabet, Shopify, Meta, dan McKinsey Sustainability hari ini meluncurkan Frontier, komitmen pasar maju (advance market commitment atau AMC) untuk mengakselerasi pengembangan teknologi penghapus karbon secara permanen. Kelima perusahaan merencanakan komitmen senilai 925 juta dollar AS (lebih dari Rp13,28 triliun) dalam 9 tahun ke depan untuk membeli teknologi penghapus karbon secara permanen dari para penyedia solusi baru yang menjanjikan.
Frontier bertujuan menunjukkan kepada para periset, wirausahawan, dan investor akan adanya potensi pasar untuk teknologi penghapus karbon. Satu dekade lalu, model AMC berhasil mengakselerasi pengembangan vaksin pneumokokus untuk negara-negara berpendapatan rendah dan menyelamatkan sekitar 700.000 jiwa. Ini adalah kali pertama model ini diterapkan pada penghapusan karbon berskala besar.
Penurunan emisi secara radikal sangat penting untuk menghindari dampak terburuk perubahan iklim. Namun, menurut laporan terkini dari Intergovernmental Panel on Climate Change, belum ada cara untuk menjaga kenaikan suhu global di bawah 1,5 derajat Celcius per tahun tanpa menghapus CO2 bervolume gigaton yang ada di atmosfer dan laut secara permanen.
Teknologi penghapus karbon telah mengalami kemajuan yang signifikan, namun masih belum cukup untuk mencapai skala yang dibutuhkan. Hingga 2021, kurang dari 10.000 ton karbon dioksida telah dihapus secara permanen dari atmosfer menggunakan teknologi sejenis. Model IPCC membutuhkan sekitar 6 miliar ton penghapus CO2 setiap tahun hingga 2050 untuk dapat mencapai target 1,5 derajat Celcius. Frontier AMC didesain untuk mendukung dan mendorong industri melakukan pengembangan teknologi ini sesegera dan secepat mungkin.
Cara kerja Frontier
Frontier menjalankan uji kepatutan dan memfasilitasi pembelian penghapus karbon atas nama pembeli, dalam dua jenis:
Untuk penyedia penghapus karbon tahap awal yang menguji coba teknologi baru, pembeli akan menandatangani perjanjian pra-pembelian volume rendah.
Untuk penyedia penghapus karbon yang berada dalam tahap pertumbuhan dan yang sedang meningkatkan skala teknologi mereka, Frontier akan memfasilitasi perjanjian offtake antara pembeli dan penyedia individu. Perjanjian ini menjanjikan pembelian berton-ton penghapus karbon di masa depan saat mereka siap dikirimkan, memungkinkan penyedia untuk memperoleh pembiayaan guna meningkatkan skala penyebaran. Ketika berton-ton CO2 dihapus, perusahaan penghapus karbon menerima pembayaran, dan berton-ton penghapus karbon diberikan kembali kepada pembeli.
Frontier akan mengidentifikasi teknologi dengan potensi jangka panjang terbesar dan akan membantu mereka memperhitungkan skala melalui pembelian, serta saran dan dukungan berkelanjutan. Dalam praktiknya, ini dapat berarti membayar harga awal yang lebih tinggi per ton untuk mempercepat teknologi yang memenuhi kriteria tertentu, termasuk:
Permanen: Menyimpan karbon secara permanen (>1000 tahun)
Jejak fisik karbon: Memanfaatkan penyerap karbon yang tidak terlalu dibatasi oleh lahan subur
Biaya: Memiliki jalan menuju skala yang terjangkau (<100 dollar AS/ton)
Kapasitas: Memiliki jalur untuk menjadi bagian yang berarti dari portofolio solusi penghapus karbon (>0,5gt/tahun)
Keadilan lingkungan: Memastikan keadilan lingkungan yang bermakna, hasil pemerataan lingkungan yang sehat dan bersih, melalui proses yang kuat yang berfokus pada keterlibatan masyarakat lokal
Sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Stripe, Frontier juga akan didanai oleh puluhan ribu bisnis yang membeli teknologi penghapus karbon melalui Stripe Climate. Ini akan menjadikan Frontier sebagai koalisi pembeli penghapus karbon terbesar di dunia berdasarkan pendanaan dan keanggotaan.
Nan Ransohoff, Head of Climate, Stripe: “Dengan Frontier, kami ingin menyampaikan pesan yang kuat kepada pengusaha, peneliti, dan investor bahwa pasar untuk penghapusan karbon secara permanen tersedia: silakan bangun dan kami akan membelinya.”
Kate Brandt, Chief Sustainability Officer, Google: “Pengalaman panjang dalam mendorong solusi iklim telah membantu kami di Alphabet untuk mengetahui secara langsung bahwa memberikan informasi adanya pasar untuk teknologi penghapusan karbon dapat memacu inovasi sehingga menghasilkan produk yang terjangkau bagi semua orang. Itulah sebabnya kami bergabung dalam koalisi pemimpin iklim ini dan bersama-sama melihat potensi teknologi baru penghapus karbon dan mengirim sinyal adanya permintaan yang jelas ke pasar.”
Stacy Kauk, Head of Sustainability, Shopify: “Komitmen kami sangat jelas sejak kami meluncurkan Sustainability Fund di 2019: Bergabunglah bersama kami. Perubahan iklim hanya dapat diselesaikan jika kita bersatu, dan itulah yang kami lakukan melalui komitmen pasar yang maju ini. Pesan yang kami sampaikan melalui Frontier sesuai dengan apa langkah selanjutnya yang perlu diambil oleh pasar penghapusan karbon.”
Peter Freed, Head of Energy Strategy, Meta: “Kami berkomitmen untuk mencapai nol-bersih emisi (net zero emissions) di seluruh rantai nilai kami pada 2030 melalui kemitraan baru dan solusi inovatif dalam pengurangan emisi dan penghapusan karbon. Frontier merupakan langkah penting untuk membantu mempercepat pengembangan dan adopsi teknologi penghapusan karbon untuk dunia yang lebih berkelanjutan.”
Dickon Pinner, Senior Partner and Co-leader of McKinsey Sustainability: “Mencapai nol-bersih emisi adalah kunci untuk membangun ketahanan lingkungan dan mewujudkan masa depan yang menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif. Penghapusan karbon memiliki peran yang sangat penting. Penelitian kami menunjukkan bahwa angka penghapusan karbon yang diperlukan pada 2025 untuk mencapai target 1,5°C yang ditetapkan IPCC akan meleset 80 persen, berdasarkan jalur proyek saat ini. Frontier akan memainkan peran katalis dalam mendorong tersedianya pasokan penghapusan karbon berkualitas tinggi.”
Peter Reinhardt, CEO dan Co-Founder, Charm Industrial: “Pelanggan sangat penting untuk meningkatkan skala bisnis apapun; hingga saat ini hanya ada sedikit yang memperhatikan penghapusan karbon. Komitmen ini merupakan sinyal kuat bahwa akan ada pasar untuk apa yang kami bangun di Charm. Itu akan membuat lebih mudah untuk mengukur pertumbuhan bisnis, mengumpulkan dana, dan yang terpenting, menurunkan biaya lebih cepat.”
Susan Athey, Profesor Ekonomi, Stanford GSB: “AMC untuk vaksin pneumokokus menyelamatkan hampir satu juta nyawa dengan menciptakan kepastian tentang permintaan di masa depan dan mempercepat pembangunan. Frontier dapat memainkan peran serupa: memulai investasi dalam penghapusan karbon dengan meyakinkan pengusaha dan investor bahwa investasi mereka akan kembali.”
PARA PENDIRI
Stripe: Stripe mengumumkan rencananya untuk membeli teknologi penghapus karbon pada Agustus 2019, dengan komitmen awal sebesar 1 juta dollar AS. Saat ini, puluhan ribu pengguna Stripe mengalokasikan sebagian kecil dari pendapatan mereka untuk membeli teknologi penghapus karbon melalui Stripe Climate. Bersama-sama, Stripe dan penggunanya telah berkomitmen sebesar 15 juta dollar AS untuk membeli teknologi penghapus karbon dari 14 startup (perusahaan rintisan) di wilayah Amerika Utara, Eropa, dan Timur Tengah.
Alphabet: Google memiliki sejarah panjang kepemimpinan dalam aksi iklim perusahaan. Pada tahun 2007, Google menjadi perusahaan besar pertama yang mencapai netralitas karbon dalam operasionalnya, dan pada 2017 Google menjadi perusahaan besar pertama yang 100% memanfaatkan listriknya dengan energi terbarukan. Sekarang, Alphabet (perusahaan induk Google) bertujuan untuk mencapai nol-bersih emisi di seluruh rantai operasi dan nilainya pada tahun 2030. Mereka akan melakukan ini dengan mengurangi sebagian besar emisinya (berlawanan dengan baseline 2019), serta berencana untuk berinvestasi pada solusi-solusi penghapusan karbon berbasis teknologi dan berbasis alam untuk menetralisir sisa emisi.
Shopify: Shopify meluncurkan Sustainability Fund pada tahun 2019 untuk mempercepat solusi penghapusan karbon. Sejak peluncuran tersebut, Shopify telah berkomitmen sebesar 32 juta dollar AS bagi 22 wirausahawan, perusahaan berbasis teknologi, dan merupakan salah satu perusahaan terbesar pembeli teknologi penghapus karbon jangka panjang secara global, dengan pembelian sebanyak 39.380 ton hingga saat ini. Selain itu, Shopify merupakan perusahaan netral karbon dan begitu pula platformnya. Pusat data, kantor, dan ruang kerja karyawan kami di rumah didukung oleh 100% energi terbarukan.
Kami juga mendapatkan penggantian kerugian karbon yang terverifikasi untuk mengatasi emisi terkait perjalanan kami, yaitu 5x jejak karbon operasional kami. Semua bisnis yang didukung oleh Shopify dapat secara otomatis menetralkan emisi pengiriman barang mereka dengan aplikasi penghapus karbon kami, dan setiap kali pelanggan melakukan pemesanan menggunakan Shop Pay, Shopify mendanai penghapusan karbon untuk mengatasi dampak pada planet ini tanpa biaya tambahan.
Meta: Meta menyadari urgensi perubahan iklim dan terus membangun lebih dari 10 tahun bekerja untuk meminimalkan dampak perusahaan terhadap lingkungan. Sejak 2020, operasional global Meta telah didukung oleh 100% energi terbarukan, mencapai nol-bersih emisi gas rumah kaca, sementara emisi operasionalnya telah berkurang sebesar 94% dari baseline tahun 2017.
Seiring dengan tujuan baru untuk mencapai nol-bersih emisi di seluruh rantai nilai perusahaan dan menjadi perusahaan yang mampu memberikan lebih banyak air daripada yang digunakan pada 2030, Meta berkomitmen untuk bekerja sama dengan pihak-pihak lain untuk membantu mengembangkan solusi baru yang akan mengurangi emisi gas rumah kaca dan menghapus karbon dari atmosfer. Ini termasuk mendukung restorasi hutan dan padang rumput, serta mengembangkan solusi rekayasa teknologi penghapus karbon seperti penangkap udara.
McKinsey Sustainability: McKinsey Sustainability adalah platform layanan-klien perusahaan yang bertujuan membantu semua sektor industri bertransformasi untuk mencapai nol-bersih emisi pada 2050 dan mengurangi emisi karbon hingga setengahnya pada tahun 2030. Organisasi ini berupaya menjadi mitra dampak dan penasihat terbaik untuk klien perusahaan, dari ruang dewan ke ruang mesin, fokus pada keberlanjutan, ketahanan iklim, transisi energi, serta unsur lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST).
McKinsey Sustainability mendorong pemanfaatan kepemimpinan dalam pemikiran, alat dan solusi inovatif, pakar ahli, dan ekosistem asosiasi industri dan kemitraan pengetahuan yang dinamis untuk memimpin gelombang inovasi dan pertumbuhan ekonomi yang melindungi planet kita dan memajukan keberlanjutan.